Rabu, 20 Februari 2013

Macam - Macam Web Browser dan Penjelasannya






MACAM - MACAM WEB BROWSER DAN PENJELASANNYA

Pengertian Browser. Dalam ber-internet kita pasti tak lepas dari software yang namanya browser. Browser merupakan suatu program yang digunakan untuk berselancar mengarungi dunia maya internet, membuka website, nge blog, mengelola Facebook , friendster, Twitter dan sebagainya. Pada operasi system microsoft windows secara default otomatis tersedia program browser yaitu internet explorer. Sebenarnya selain Internet Explorer terdapat bermacam macam program browser Aternatif pengganti program browser microsoft tersebut. 
1. Web Browser Flock 
Browser ini sebenarnya adalah salah satu varian atau hasil modifikasi dari browser firefox, namun di dalam nya kaya akan addon dan plugins yang berguna, salah satu julukannya adalah social network browser, karena banyak failitas addon dan plugins yang bisa kita gunakan dan membantu kita dalam mengelola account social network seperti Facebook , Twitter, Flicker dan Youtube. Flock menghadirkan webmail, foto, video dan update dari situs-situs favorit Anda, sehingga Anda tidak perlu mengeceknya satu persatu.
Kekurangan :
a. Tidak dapat mendeteksi web-web yang terjangkit virus
b. Kurang user friendly
c. Flock membutuhkan resources yang lebih besar. Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu lumayan lama
d. Skin Flock pada saat ini masih terbatas
Kelebihan :
a. Berhubung dengan teman dan segala aktivitas mereka, memastikan agar tidak ketinggalan berita.
b. memungkinkan fungsi drag and drop sehingga dapat berbagi secara mudah dengan teman-teman.
c. mempermudah blogging dan upload foto ke layanan-layanan populer dengan mudah. Cukup login ke layanan favorit dan akan dapat terhubung secara instant dari mana pun.
d. Menghubungkan secara otomatis dengan lebih dari 20 layanan online. Cukup login, Flock melakukan sisanya.
e. Memberikan fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan di browser lainnya, entah membuat berita atau membaca berita.

2. Web Browser Mozilla Firefox 
Dibuat oleh mozilla corporation, Mozilla firefox adalah salah satu dari web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Web Browser merupakan salah satu dari macam macam Web Browser yang handal karena didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Kelebihan :
a. Mudah melakukan bookmarking (menandai website) cukup dengan satu kali klik.
b. Fasilitas untuk berbagai jenis keperluan konfigurasi firefox, misalkan kita ingin merubah skin standar dengan skin baru yang lebih bervariasi, anda bisa menggunakan fasilitas ini.
c. Keamanan yang mumpuni. Kita tidak perlu lagi khawatir soal keamanan. Karena semua fasilitas keamanan online yang di butuhkan sudah lengkap tersedia di browser ini. Kecepatan akses (di atas rata-rata)
Kekurangan :
1. Terkadang loadingnya cukup lama saat mulai start awal, terlebih lagi jika banyak adds-on yang terinstall. 
2. Saat memulai mode Private, harus menutup terlebih dahulu semua halaman dalam mode regular. 

3. Web Browser Google Chrome 
Google Chrome mulai diliris pada tanggal 2 September 2008 yang lalu.Program browser ini adalah Software browser buatan google, meski baru dikeluarkan browser ini sudah mampu menarik penggunan untuk menggunakan browser google chrome ini. Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Desainnya sangat sederhana jadi kalau menggunakan aplikasi browser ini rasanya begitu lega/plong, karena aplikasi yang di sediakan Google Chrome hanya berupa ikon dan itupun tidak menggangu pemandangan di layar.
Kelebihan:
a. Address Bar-nya menarik, karena setiap kita mengetikkan teks di kotak alamat, maka Google Chrome akan memberikan saran pencarian.
b. Fasilitas Shortcut. Dengan fasilitas ini kita bisa melihat situs-situs web yang sebelumnya telah ksita kunjungi dalam bentuk thumbnail situs.
c. Soal keamanan, Google Chrome lebih jitu. Bahkan ketika kita akan berkunjung pada situs yang berlimpah virus, Google Chrome terlebih dulu memperingatkan bahwa di situs tersebut terdapat virus.
d. Kecepatan akses boleh dibilang sangat mumpuni, bisa langsung di sejajarkan dengan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan Internet Explorer.  
Kekurangan :
a. Masih terlalu banyak security holenya sehingga tidak disarankan untuk pakai bertransaksi keuangan
b. Penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista
c. Makin banyak tab baru dibuka, maka butuh lebih banyak memori saat browsing
d. Statis, fiturnya kurang banyak.

4. Web Browser Internet Explorer 
Internet Exporer besutan Microsoft Corporation. Sering di kenal singkatan IE. Sejak tahun 1995 Internet Exporer mulai di masukkan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows. Internet Explorer 8 merupakan versi terakhir dari browser web serupa yang paling nyaman dipakai, membantu Anda mendapatkan apa pun dari web secara lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman daripada sebelumnya.
Kelebihan 
a. Lebih Cepat Internet Explorer 8 lebih responsif ke halaman dan tab baru, membuka lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Anda kini bisa mendapatkan informasi yang paling Anda inginkan secara lebih singkat; akses webmail, situs berita favorit, atau layanan online lainnya hanya dengan satu klik. 
b. Lebih Mudah Mengurangi jumlah langkah untuk menyelesaikan banyak tugas umum, dan mengotomatiskan akses ke pembaruan informasi waktu-nyata. Anda dapat tetap mengikuti jejak tim olahraga favorit, berita, cuaca hanya dengan satu klik. 
c. Lebih Pribadi Membantu melindungi informasi pribadi dan rahasia Anda, di mana pun Anda pergi di web. 
d. Lebih Aman Membantu melindungi dan menghentikan perangkat lunak berbahaya menyerang PC, dan membuatnya lebih mudah mendeteksi kepalsuan sebuah website.
Kekurangan
a. Adakalanya tidak bisa/gagal dalam membaca script yang ada dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
b. Seringkali berat pada saat awal start atau saat pengguna sedang membuka tab baru.
c. Khusus IE9 tidak mendukung Sistem Operasi Windows XP 

4. Web Browser Opera 
Opera adalah salah satu dari browser yang paling populer. Browser ini juga menjadi browser resmi dari Nitendo WS dan Wii. Opera yang dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox. Sistem Navigasi Suara. Fasilitas ini selain memberi perintah lewat suara, kita juga bisa meminta browser ini untuk membacakan isi sebuah situs web, jadi kita cuman dengerin dia ngomong.
Kelebihan 
a. Dapat menampilkan situs web dalam satu jendela/layer. 
b. Soal keamanan jangan ragu dengan aplikasi ini. 
c. Kecepatan akses boleh disamakan dengan Mozilla Firefox
Kekurangan
a. Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu
b. Tampilannya yang kelewat "advance", membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya
c. Untuk mengupdatenya pengguna Opera harus mendownload kembali file masternya 

5. Web Browser Safari
Safari adalah aplikasi browser dari Apple Inc. Awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun pada pertengahan tahun 2007 Apple meluncurkan aplikasi browser Safari untuk sistem operasi Windows. Aplikasi Safari berbeda dengan aplikasi browser lainnya, karena menitik beratkan pada kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Pada safari kita akan temui tampilan yang jauh berbeda, dimana elemen desain yang sangat canggih sehingga membuat browsing kita lebih menyenangkan. 
Fasilitas
a. SnapBack. Fasilitas ini berfungsi untuk kembali ke titik awal aktivitas browsing setelah berkunjung ke banyak tempat (situs website). 
b. Progress Bar. Dengan fasilitas ini kita bisa tahu seberapa cepat halaman website tampil di layar. 
c. Untuk keamanan, fasilitasnya masih standar. 
d. Untuk kecepatan akses, boleh dibilang Safari adalah jagoannya. Karena Safari memang dirancang sebagai browser yang ringan dan cepat.
Kelebihan : 
a. Mempunyai fitur Nitro Engine yang bisa mengevakuasi java script lebih cepat 
b. Mendukung web dengan html 5 yang lebih dinamis 
c. Memiliki tampilan browser yang simple. 
Kekurangan : 
a. Sistem keamanan kurang 
b. Tampilan terlihat asing bagi windows 
c. Tidak tersedianya plug in pada versi windows 

7. Web Browser Netscape Navigator 
Netscape Communications ( sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer Amerika Serikat yang terbaik dikenal dengan web browser. Ketika perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California. Penjelajah web Netscape pernah mendominasi dari penjelajah web lain dalam hal penggunaan saham, namun tak lama sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan browser Netscape jatuh, dari lebih dari 90% pada pertengahan tahun 1990-an, menjadi kurang dari 1%. Netscape mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) untuk mengamankan komunikasi online, yang masih banyak digunakan, as well as JavaScript, bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram sisi klien halaman web. Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign. 
Kelebihan :
a. Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.
b..Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download.
Kekurangan :
a. Secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakanweb browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanyapada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.

8. Web Browser Tencent Traveler
Tencent Traveler adalah web browser dengan multi-halaman. Ada fitur yang ramah pengguna, sebuah diversifikasi berbagai skin yang dapat dipilih oleh para pengguna, dan beberapa fungsi tambahan untuk pengguna seperti : intellectual screening icon, recently visited web page retrieval icons, multi-threading high-speed download, dan web page history deletion. Web browser ini khusus dibuat untuk orang cina atau yang bisa memaca huruf Cina

9. Web Browser Maxthon
Maxthon adalah web browser yang handal dengan antar muka yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan user. Hal ini didasarkan pada sistem yang berjalan pada internet explorer yang juga berjalan pada Maxthon ( menggunakan engine IE )
Kelebihan :
a. Mudah digunakan
b. Dapat didownload dengan gratis
c. Adanya sistem swap,untuk menambahkan, memindah, menghapus dan mengubah maxthon tools, menu ikon, warna, skin dan navigasi yang bisa dengan mudah digunakan.
d. Tersedia ribuan plug-in
Kekurangan :
a. Manajemen tabs yang kompleks
b. Memori dan resource banyak terbuang percuma akibat kompleksitas manajemen tabs. 

10. Avant Browser
Avant browser memiliki fitur-fitur yang merupakan peningkatan dari apa yang dimiliki oleh Internet Explorer. Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE. Sifat avant browser adalah freeware, dibuat oleh Anderson Che, programmer yang berasal dari China, dikembangkan oleh Avant Force yang menyatukan 3 layout engine dalam 1 jendela. Versi terbaru dari avant browser adalah 11,7 build 15.
Kelebihan :
Selain dari fitur-fitur yang dipaparkan di atas, msih terdapat juga kelebihan lainnya, yaitu melakukan translate ke dalam banyak bahasa Full screen mode. Avant Browser juga memiliki fungsi Cascade dan Tile vertikal atau horisontal yang diletakan pada bagian atas program. Navigasi ini tentu memudahkan pemakai dibandingkan Smart Explore.
Fungsi yang menarik khususnya mereka yang dapat online terus. Tersedia fungsi auto refresh untuk memantau perubahan pada web. Setting ini dibagi dengan detik sampai menit baik untuk current windows atau seluruh windows.
Untuk pengguna internet volume base, browser ini bisa jadi pilihan karena tidak adanya tampilan berbagai animasi yang sering ditampilkan oleh situs web, maka bandwidth yang terserap pun akan sedikit.
Kekurangan :
Avant Browser sudah banyak diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, tapi belum ada yang menterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Penggunaan IE plug-in dapat menyebabkan program fatal error.
Kecepatan Avant Browser terhitung biasa, dengan fitur keamanan yang kurang memadai karena belum dilengkapi dengan fitur antispyware, antivirus, apalagi antiphising.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar